BAB III GERAK
o
Jarak = panjang total lintasan yang ditempuh
o
Perpindahan = Jarak titik akhir benda dengan titik
acuan
o
Kelajuan merupakan besaran scalar
o
Kecepatan merupakan besaran vektor
A.
GERAK LURUS
1.
GLB
§
Kecepatan konstan
§
Percepatan = 0
§
V = s/t
2.
GLBB
§
Kecepatan berubah secara beraturan
§
Percepatan konstan
§
v =
v0 + a . t
§
v2 =
v02 + 2a . s
§
s =
v0 . t + ½ a . t
§
t2 =
2 . s/a
Catatan : Untuk percepatan, a
bernilai positif (+). Sedangkan untuk perlambatan, a bernilai negative (-).
Contoh percepatan adalah gerak benda jatuh ke bawah dengan a = g. Contoh
perlambatan adalah gerak benda vertical ke atas melawan grafitasi dengan a =
-g.
B.
GERAK MELINGKAR
o
Ѳ = 360O = 1 putaran (Rad) = 2π
o
Kecepatan Sudut (omega) ω = Rad/secon
o
Percepatan Sudut (alpha) α = Rad/secon2
1.
Gerak Melingkar Beraturan
§
ω = konstan
§
α = 0
§
Ѳ = Ѳ0 + ω . t
§
ω = Ѳ/t
2.
Gerak Melingkar Berubah Beraturan (α = konstan)
§
ω berubah beraturan
§
α = konstan
§
ω = ω0 + α . t
§
ω2 = ω02 + 2 .
α . Ѳ
§
Ѳ = Ѳ0 + ω0 . t + ½ . α .
t2
C.
Hubungan Gerak Melingkar dengan Gerak Lurus
o
v =
ω . r
o a
= v2 / r = ω2 . r
o
Fsp =
m . a = m . ω2 . R
D.
Hubungan Antar Roda (hubungan jari-jarinya)
o
Seporos (arah putaran sama), ωA = ωB
o
Roda Bersinggungan, vA = vB
o
Dihubungkan dengan Tali, vA = vB